Kanker Pankreas Adalah

Perkiraan jumlah kasus baru kanker pankreas yang dilaporkan pada tahun 1993 adalah 27.000 yang akan mengakibatkan 25.900 kematian. Kanker pankreas menunjukkan 3% dari kanker yang terdiagnosis dan 5% dari kematian kanker pada wanita dan 2% dari kanker terdiagnosis serta 4% kematian pada pria. Kanker pankreas adalah kanker GI yang paling umum kedua dan keempat yang menimbulkan penyebab kematian kanker di Amerika Serikat.

90% kanker ke pankreas timbul dari kelenjar eksokrin. Adenokarsinoma duktus berjumlah 80% dari semua kanker pankreas. Tipe yang kurang umum biasnaya meliputi karsinoma sel skuamosa, karsinoma sel raksasa, dan karsinosarkoma. Mayoritas karsinoma terjadi pada kelenjar proksimal yang meliputi kepala, leher dan tonjolan pankreas. 20% terjadi pada badan pankreas dan 5-10% pada ekor pankreas.

Di Indonesia memang jarang ditemui penyakit kanker pankreas. Penyebab dari kanker pankreas tidak diketahui, tetapi kanker pankreas tersebut dapat berasal dari sel eksokrin atau endokrin. Kanker sel eksokrin di duktus pankreatikus kecil merupakan jenis yang sering terjadi dan menyebabakn penyumbatan duktus. Tumor ini biasanya menembus pankreas dan mengintai jaringan di sekitarnya. Meatstasis yang cepat melalui vena aorta atau pembuluh limfe sering terjadi.

Orang yang terkena kanker pankreas umumnya menunjukkan gejala klinis seperti :

1. Penurunan berat badan
2. Rasa nyeri
3. Anoreksia (tidak menstruasi pada wanita)
4. Timbul rasa mual
5. Rasa ingin muntah
6. Diare
7. Ikterus
8. Organ hati serasa dapat diraba
9. Kelenjar empedu dapat diraba

Untuk menentukan stadium pada kanker pankreas diperlukan suatu pemeriksaan dengan USG atau CT scan untuk menentukan stadium kanker pankreas. Dengan CT dapat menunjukka massa pada pankreas, keterlibatan hati atau duktus empedu, asites dan adanya metastasis.

Kebanyakan penderita kanker pankreas terjadi pada usia sekitar 40-60 tahun keatas di mana pankreas mengalami penuruan fungsi akibat dari akumulasi panganan terhadap makanan yang banyak mengandung gula. Pankreas yang memproduksi insulin ini sebenarnya memiliki fungsi sebagai pengendali dari kadar gula yang masuk ke dalam tubuh.

Seseorang yang mengalami kanker pankreas dan masuk dalam stadium lanjut yang menyebabkan ikterus, nyeri hebat dan penuruan berat badan yang drastis. Metastasis ke otak dan paru sering terjadi. Angka kematian mendekati 100% dalam waktu kurang dari 5 tahun.

Mereka yang menderita kanker pankreas stadium lanjut mungkin akan dilakukan operasi kuratif. Operasi kanker pankreas ini memiliki angka ketahanan hidup hingga 5 tahun namun hanya 15 % saja mereka yang mampu bertahan usia melakukan operasi kanker pankreas.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Pankreas and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.