Kanker Pankreas dan Penyebabnya

Pankreas adalah suatu organ berbentuk tabung yang seperti bunga karang atau spons kira-kira 6 inci panjangnya. Pancreas berlokasi di belakang perut tepat nya dibelakang lambung. Kepala pancreas ada dikanan perut dan dihubungkan pada usus dua belas jari (duodenum) dan bagian atas dari usus kecil. Ujung yang sempit dari pancreas disebut buntut, memanjang kebagian kiri tubuh.

Pankreas membuat getah-getah pancreas dan hormone-hormon termasuk insulin. Getah-getah pancreas, juga disebut enzim-enzim yang membantu mencerna makanan dalam usus kecil. Insulin mengontrol jumlah gula dalam darah. Kedua enzim-enzim dan hormon-hormon tersebut diperlukan untuk mempertahankan tubuh agar mampu bekerja dengan benar.

Sistem Pankreas

Ketika getah-getah pancreas dibuat, getah-getah tersebut mengalir ke dalam saluran utama pancreas. Saluran ini bergabung dengan saluran empedu umum (common bile duct), yang membawa empedu (suatu cairan yang membantu mencerna lemak), menyambung ke usus kecil dekat lambung.

Kanker yang awali pada pancreas disebut kanker pancreas menyebar, biasanya berjalan melalui system limpatis. Sistem limpatis mencakup suatu jaringan dari saluran-saluran halus yang bercabang, seperti pembuluh-pembuluh darah, ke dalam jaringan-jaringan di seluruh tubuh. Sel-sel kanker dibawa melalui pembuluh-pembuluh oleh getah bening, yaitu suatu cairan air yang tidak berwarna yang membawa sel-sel yang melawan infeksi. Ahli-ahli bedah sering mengangkat nodul-nodul getah bening dekat pancreas untuk mempelajari apakah mereka mengandung sel-sel kanker.

Kanker Pankreas

Faktor-faktor Penyebab Kanker Pankreas

 Meskipun ilmuwan-ilmuwan tidak mengetahui secara tepat penyebab kanker pancreas, mereka mempelajari bahwa ada sesuatu yang meningkatkan kesempatan seseorang untuk menderita penyakit ini. Merokok adalah suatu faktor resiko utama. Penelitian menunjukkan bahwa perokok-perokok mengembangkan kanker pancreas dua sampai tiga kali lebih sering daripada yang bukan perokok. Berhenti merokok mengurangi resiko kanker pancreas, kanker paru-paru dan sejumlah penyakit-penyakit lainnya.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Pankreas and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.